Alert Pay

Get Cash From Your Blog Please

Laguku


Powered by iSOUND.COM

Rabu, 16 November 2011

Foreign Policy Organization


PENDAHULUAN
Tulisan ini menjelaskan tentang dinamika politik luar negeri sebagai sebuah proses tawar menawar  antar kekuatan politik baik dalam negeri maupun  luar negeri sebagaimana pengertian dari Politik luar negeri adalah suatu area yang paling sensitive dari pemerintahan dimana politik luar negeri melibatkan berbagai elemen baik domestik maupun eksternal dalam perumusan politik luar negeri itu sendiri. Politik luar negeri bersifat lebih rumit dari pada domestic policy dimana politik luar negeri itu mempunyai Stakeholders yang lebih banyak dan lebih rumit. Politik luar negeri menjembatani semua hal penting di antara negara dengan lingkungan internasional.
ISI
Menurut James N Rosseneau Politik Luar Negeri adalah Serangkaian sikap dan aktifitas sebuah negara yang berupaya mengambil keuntungan dari lingkungan internasional agar dapat mengatasi dan mewujudkan berbagai kebutuhan domestiknya. Dari berbagai pengertian di atas berarti pemerintah melalui politik luar negeri memproyeksikan kepentingan nasionalnya kedalam hubungan antar bangsa. Dan dalam hubungan antar bangsa terdapat kekuatan kekuatan asing yang juga berperan selain Negara yaitu sebagai aktor-aktor yang juga memiliki pengaruh terhadap politik luar negeri suatu Negara.
Aktor-aktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
·         Negara
Negara merupakan aktor paling penting dalam politik luar negeri karena negara merupakan satu-satunya yang mempunyai suprastruktur, pemilik territory,adanya ikatan ideologis-historis,legitimasi kependudukan,dan hak menyatakan perang atau damai.
·         Government organization
Government organization dapat mempengaruhi politik luar negeri suatu negara karena pada dasarnya bergabungnya suatu negara dalam suatu organisasi kenegaraan adalah suatu bentuk penyerahan legitimasi negara tersebut kepada suatu organisasi. Contohnya ASEAN,PBB, dan lain-lain.
·         Non Government organization
Seperti halnya Government Organization, Non government organization juga memiliki pengaruh dalam politik luar negeri suatu negara. Contohnya MNCs, TNCs,dan lain sebagainya.
·         Individu
Beberapa individu juga membuat pengaruh dalam perumusan politik luar negeri suatu negara. Contonya John Sorros.

Organisasi politik luar negeri juga merupakan suatu himpunan yang berisikan aktor-aktor dalam menyelenggarakan politik luar negeri. Dalam definisi politik luar negeri yang menyebutkan bahwa tugas utama poltik luar negeri adalah sebagai proses penilaian yang berkesinambungan dari kemampuan dan kehendak diri sendiri dan suatu bangsa. Hal ini memperlihatkan bahwa politik luar negeri bisa disampaikan untuk kepentingan individu maupun kepentingan kelompok (bisa organisasi dan negara).

Menurut Dugis Dengan berbagai definisi yang telah dikemukakan , politik luar negeri suatu negara bukanlah sesuatu yang statis dan tetap sepanjang negara itu berdiri. Perubahan dalam politik luar negeri akan selalu kerap terjadi dan pada kenyataannya menjadi cermin dari kualitas pembuat kebijakan itu sendiri dalam hal ini pemerintah. Secara umum, perubahan politik luar negeri sebagai proses pembuatan keputusan itu dibedakan menjadi perubahan akibat perubahan rezim atau pemerintahan atau perubahan akibat pemerintah yang berkuasa berusaha merubah haluan politik luar negerinya sendiri. Kedua perubahan ini berdasarkan alasan terjadinya perubahan politik luar negeri itu sendiri, akan tetapi pada kenyataannya dapat pula membawa pada perubahan lain.
Kebijakan luar negeri dapat di tinjau dalam hal perumusan kebijakan dan pelaksanaan dari kebijakan tersebut. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan luar negeri melibatkan banyak stakeholder seperti Kementrian Luar Negeri, Duta Besar, Presiden, lembaga Legislative, BIN, dan lain sebagainya serta lebih rumit, dipengaruhi oleh kondisi politik domestik dan di lingkupi oleh berbagai preassure group serta berbagai interest group yang mempunyai kepentingan dalam perumusan politik luar negeri sebagai suatu system politik yang mencakup proses input dan output.

PENUTUP
Pengorganisasian politik luar negeri dipengaruhi oleh berbagai aktor dalam dunia internasional dan juga politik dalam negeri baik kondisi maupun aktor politik yang merupakan bagian dari suatu sistem politik.  Namun secara umum yang mempengaruhi poltik luar negeri suatu negara adalah kepentingan nasional, kemampuan nasional, dan juga situasi dari lingkungan internasional tu sendiri.

REFERENSI

,http://iis-db.stanford.edu/pubs/.../PowerPositions. di akses tanggal 28 oktober 2011 pada 08.00 WIB
Regi Fauzi       , Kebijakan Luar Negeri dan Elemen Penyusunnya, tersedia di http://regifauzi.wordpress.com/2011/03/16/kebijakan-luar-negeri-dan-elemen-penyusunnya/ di akses tanggal 28 oktober 2011 pada 08.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar